Phone : 0851-1735-3500

|

Email: admin@bruderanpwt.sch.id

PPDB

BCCT di TK Karitas Jadi Metode Belajar Unggulan yang Berfokus Pada Aktivitas Bermain Terstruktur

07 Mar 2025 | TK Karitas

BCCT di TK Karitas Jadi Metode Belajar Unggulan yang Berfokus Pada Aktivitas Bermain Terstruktur

KB TK KARITAS PURWOKERTO - TK Karitas telah mengadopsi pendekatan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Sejak tahun 2024, TK Karitas mulai menerapkan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) berasal dari Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) di Tallahassee, Florida, Amerika Serikat. Metode ini dikembangkan oleh Pamela C. Phelps, Ph.D., seorang pendidik anak usia dini. 


Pendekatan Pembelajaran BCCT


Metode ini berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan anak melalui aktivitas bermain yang terstruktur. BCCT adalah metode pembelajaran yang menekankan pentingnya permainan dalam perkembangan anak. Pendekatan ini didasarkan pada teori-teori perkembangan anak seperti Vygotsky, Piaget, Freud, dan Erikson, yang menekankan bahwa bermain adalah cara alami bagi anak untuk belajar dan berkembang. Melalui permainan sensorimotor, konstruksi terstruktur, dan permainan dramatis, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan kognitif, sosial, dan motorik. 

Di TK Karitas, pembelajaran BCCT diterapkan melalui empat sentra utama:

1. Sentra Persiapan: Fokus pada pengembangan keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung.

2. Sentra Balok: Anak-anak bermain dengan balok untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, serta pemahaman konsep ruang dan bentuk.

3. Sentra Bahan Alami: Anak-anak berinteraksi dengan bahan-bahan alam seperti air, pasir, dan batu untuk merangsang indera dan memberikan pengalaman sensori yang kaya.

4. Sentra Bermain Peran: Melalui permainan peran, anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, bahasa, dan empati dengan meniru berbagai peran dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap sentra dirancang untuk memberikan stimulasi yang berbeda, sehingga anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang holistik.



Implementasi BCCT di TK Karitas


Pelaksanaan BCCT di TK Karitas dilakukan dengan membagi kegiatan belajar dari hari Senin hingga Kamis, di mana setiap jenjang kelas bergantian mengunjungi keempat sentra tersebut. Misalnya, pada hari Senin, kelompok bermain (playgroup) akan berada di Sentra Bahan Alam, di mana mereka dapat bermain dengan air, pasir, atau batu untuk merangsang stimulasi sensori. Anak-anak diberikan kebebasan untuk memilih aktivitas yang disediakan, sehingga mereka dapat mengeksplorasi minat dan bakat mereka secara mandiri.


Keunggulan BCCT


Pendekatan BCCT memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

- Stimulasi Indera yang Menyeluruh: Anak-anak diajak untuk mencium, meraba, mendengar, dan mengamati, sehingga seluruh indera mereka terangsang secara optimal.

- Pengembangan Motorik: Aktivitas seperti berlari, meronce, dan bermain balok membantu mengasah keterampilan motorik kasar dan halus anak.

- Pendekatan Ilmiah Melalui Inkuiri: Anak-anak didorong untuk mengamati, bertanya, dan bereksperimen, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis sejak dini.


Kurikulum Merdeka Fase Fondasi


Penerapan BCCT di TK Karitas sejalan dengan Kurikulum Merdeka sebagai Fase Fondasi yang menekankan pada pengembangan nilai agama dan budi pekerti, jati diri, serta dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni. Pada akhir fase ini, anak diharapkan menunjukkan kegemaran dalam mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti, kebanggaan terhadap dirinya, serta memiliki dasar-dasar kemampuan literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni untuk membangun sikap positif terhadap belajar dan kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar. 

Peran Guru dalam BCCT


Dalam penerapan BCCT, guru memiliki peran penting dalam menyiapkan berbagai aktivitas bermain setiap hari. Mereka harus memastikan bahwa setiap sentra memiliki alat dan bahan yang sesuai untuk mendukung kegiatan belajar yang direncanakan. Selain itu, guru juga berperan sebagai fasilitator yang membimbing anak-anak dalam eksplorasi dan penemuan, serta memberikan dukungan emosional dan motivasi.

Dengan mengadopsi pendekatan BCCT dan mengintegrasikannya ke dalam Kurikulum Merdeka, TK Karitas berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak, sehingga mereka siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya dengan bekal keterampilan dan pengetahuan yang solid. 

Yuk, tunggu apalagi bergabunglah bersama KB dan TK Karitas Purwokerto sekarang juga, masih ada promo penerimaan siswa baru loh!


LINK PENDAFTARAN PPDB KB TK KARITAS

Related News

Jangan Lewatkan! SMA Bruderan Purwokerto Buka Stand PPDB di Gereja-Gereja Wilayah Sekitarnya

Jangan Lewatkan! SMA Bruderan Purwokerto Buka Stand PPDB di Gereja-Gereja Wilayah Sekitarnya

SMA BRUDERAN PURWOKERTO - Dalam rangka menyambut Tahun Ajara...

SD Bruderan dan SD Karitas Ikuti Penguatan Kualitas Guru dan Sekolah melalui Desiminasi KKS

SD Bruderan dan SD Karitas Ikuti Penguatan Kualitas Guru dan Sekolah melalui Desiminasi KKS

SEKOLAH BRUDERAN KARITAS - Komitmen terhadap peningkatan mut...

Menebar Kasih di Hari Paskah, SD Bruderan Purwokerto Kunjungi Panti Wreda dan ke Gua Maria Kaliori

Menebar Kasih di Hari Paskah, SD Bruderan Purwokerto Kunjungi Panti Wreda dan ke Gua Maria Kaliori

SD BRUDERAN PURWOKERTO –  Memperingati Hari Raya Paskah...